TENTANG AKATARA



AKATARA adalah program kerjasama antara Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Perfilman Indonesia (BPI), yang bertujuan untuk memfasilitasi pembiayan dan memberikan akses permodalan bagi usaha di dalam ekosistem perfilman Indonesia.

Akatara diharapkan untuk menjadi muara dari program-program BEKRAF terkait dengan perfilman, dan menjadi wadah yang merangkul kegiatan dalam perfilman nasional seluas-luasnya.

BPI meredefiniskan ulang “film” sebagai berbagai bentuk “apapun gambar bergerak”. Hal ini penting dan “urgent” untuk dilakukan dalam rangka menyikapi peluang bisnis baru di ranah lansekap digital, sehingga ekosistem perfilman Indonesia dapat menjadi lebih “inklusif” dan utuh, khususnya dilihat dari perspektif nilai ekonominya.

Bekraf dan BPI, memposisikan film sebagai lokomotif dan medium yang paling tepat untuk mengangkat dan mempromosikan ke-15 sub-sektor ekonomi kreatif lainnya seperti; buku, kuliner, fashion, musik, kraf, dan lain-lain, sehingga penyelenggaraan Akatara diharapkan juga dapat merangkul sub-sektor sub-sektor tersebut.

Bentuk program Akatara berpusat pada “pitching session” dan “speed-dating”, semacam biro-jodoh antara pemilik proyek dan pemilik modal.  Sub-program lainnya berupa pelatihan berbentuk kelas-kelas “masterclass”, “talk”, seminar, dan “pasar film” dan pameran (expo).

Akatara 2019, seperti tahun sebelumnya masih memfasilitasi proyek produksi film dan proyek non-produksi film: usaha apapun di dalam ekosistem perfilman: kursus, sekolah, pelatihan, penyewaan alat, pengarsipan, dan lain-lain.

Akatara memfasilitasi proyek film panjang dan pendek, baik dokumenter, fiksi, animasi; web-series, serial untuk televisi, konten untuk kanal digital, aplikasi, situs platform digital, majalah, distribusi, ekshibisi,dll.

Akatara mengajak kerjasama berbagai pihak pemangku kepentingan: lembaga pemerintahan, BUMN, perusahaan, swasta, individu, yayasan, dari dalam dan luar negeri, komunitas, pusat kebudayaan asing, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan di dalam ekosistem perfilman nasional.

Tahun 2019, ACBS – “Asia Content Business Summit” yang akan dihadiri oleh 15 negara, berupa pertemuan antar negara untuk mendiskusikan cara untuk meningkatkan kualitas konten dan sumber daya manusia dari Asia agar lebih bersaing di dunia internasional diselenggarakan secara bersamaan dengan kegiatan Akatara 2019.



Get Lastest News From Us.
Join Our Newsletter